Perut langsing dan kencang memang menjadi idaman setiap orang. Banyak latihan yang bisa Anda lakukan, tetapi gerakan seperti apa yang bisa membuat perut Anda rata lebih cepat?

Linda Melone, CSCS, pelatih pribadi dengan sertifikasi dari NSCA Certified Strength and Conditioning Specialist, membeberkan empat jenis latihan terbaik untuk merampingkan perut.

Keempat latihan ini tidak membutuhkan peralatan, hanya sedikit ruang dan matras. Anda juga tidak membutuhkan terlalu banyak waktu setiap kali latihan. Lakukan gerakan-gerakan ini tiga kali dalam seminggu dan jaga pola makan Anda, maka killer abs yang Anda dambakan pun akan segera terwujud.

Leg bicycle
Sasaran: Seluruh otot perut dan otot inti

Posisi awal: Berbaring telentang di lantai, bawa kedua tangan di bawah kepala dengan siku terentang ke samping kanan dan kiri. Tarik kaki dari lantai, tekuk lutut sambil sedikit mengangkat punggung bagian atas.

Gerakan: Luruskan kaki kanan dan secara serempak tarik lutut kiri. Putar tubuh bagian atas ke arah kiri sehingga siku tangan kanan menyentuh lutut kaki kiri. Lakukan pada kaki kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan mengayuh sepeda, masing-masing 15 kali untuk setiap kaki.

Oblique double leg lift
Sasaran: Merampingkan dan membentuk oblique (otot perut bagian samping)

Posisi awal: Berbaring miring ke kanan dengan lengan tangan kanan dijulurkan di bawah telinga kanan, lurus dengan tubuh. Tubuh dan kaki harus berada dalam garis lurus dengan kaki kanan dan kiri saling bertumpuk. Tempatkan lengan kiri di depan tubuh Anda, dengan telapak tangan kiri rata di lantai di depan Anda.

Gerakan: Tarik perut dan oblique ke dalam (kempiskan) dan angkat kedua kaki bersamaan kira-kira sejauh 7 cm dari lantai. Pastikan tubuh dan kaki tetap dalam garis lurus. Tahan selama satu atau dua detik, lalu perlahan turunkan kembali kedua kaki Anda. Lakukan sebanyak 15 repetisi, lalu ganti dengan miring ke kiri.

Front plank
Sasaran: Menguatkan seluruh otot pusat

Posisi awal: Berbaring telungkup di atas lantai dengan kedua siku menahan tubuh di bawah pundak, telapak tangan menghadap ke bawah. Kedua kaki terjulur ke belakang selebar pundak.

Gerakan: Tarik perut ke dalam (kempiskan), lalu perlahan angkat seluruh tubuh dari lantai dengan kaki lurus terjulur ke belakang. Jaga agar punggung dan bokong sejajar dengan kaki, tidak menggantung atau posisi bokong lebih tinggi. Bernapaslah secara normal dalam posisi kaku seperti ini selama minimal 20 detik. Jangan lupa, latihan ini akan efektif jika perut tetap dalam keadaan dikempiskan. Lakukan gerakan ini 15 kali dan tingkatkan durasinya setiap kali Anda bertambah kuat.

Side plank
Sasaran: Membentuk seluruh otot pusat dengan tekanan pada oblique

Posisi awal: Berbaringlah miring ke kanan dengan kaki terjulur lurus selaras dengan posisi tubuh. Tangan kanan menekuk menahan tubuh Anda, sedangkan lengan kiri lurus mengikuti tubuh. Tumpuk kaki kiri di atas kaki kanan.

Gerakan: Tarik perut Anda ke dalam (kempiskan), lalu perlahan angkat pinggul menjauh dari lantai sampai tubuh membentuk garis lurus. Tahan selama 20 detik dan tingkatkan durasinya setiap kali Anda bertambah kuat. Misalnya, dari 20 detik menjadi 30 detik, 45 detik, hingga 1 menit. Lakukan sebanyak 15 kali, lalu lakukan lagi dalam posisi Anda miring ke kiri.